Life Cycle Blog
Dalam dunia marketing dikenal yang namanya Product Life cycle (daur hidup sebuah produk). yaitu tahap - tahap daur hidup suatu produk dari pengenalan ke pasar hingga masa pertuumbuhan juga masa decline atau penurunan
seperti juga produk produk dalam pemasaran, blog juga merupakan sebuah produk dimana juga mempunyai masa-masa tersebut
tahap-tahap blog life cycle :
1. Perkenalan / Introduction
Pada tahap ini blog mulai dibuat dan didaftarkan kesearch engineer, join social bookmarking atau juga mulai exchange backlink tergantung si admin blog, namun boleh dibilang blog belum kedetect dalam search enginer dan juga masih butuh banyak postingan yang nyentil (caper gituwww)
2. Tahap Pertumbuhan / Growth
Ketika berada pada tahap ini, Blog sudah terindek di search engineer dan visitor sudah mulai banyak yang nyasar ke blog tersebut baik sengaja maupun tidak sengaja dan hal ini meningkatkan traffic pada blog tersebut
3. Tahap Kedewasaan / Maturity
Di tahap dewasa dewasa ini trafic blog sudah mulai stabil dan biasanya blog yang sudah maturity ditandai dengan banyaknya visitor yang berlanggan rss feed ato juga yang subscribe email.
4. Tahap Penurunan / Decline
Pada kondisi Pada kondisi decline. Blog mulai kalah dalam persaingan keyword yang terindek disearch engineer sehingga jumlah visitor yang mengunjungi blog juga berkurang, terutama bagi visitor yang nyasar melalui search engineer
namun ada perbedaan dengan namun ada perbedaan PLC dengan Life cycle blog, dalam kondisi maturity sebelum decline sebuah produk membutuhkan inovasi agar tidak terlalu merosot dalam tahap decline dan kemudian lebih cepat hilang dipasaran, namun untuk sebuah blog penurunan traffic lebih susah terjadi jika sudah terindek search engineer namun inovasi blog tidak harus menunggu maturity dan decline dalam intinya content keyword yang baik dan unik akan menjaga kualitas traffic pada blog