Tutorial Subnetting by BlogERCH

Share

Tutorial Subnetting

Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman yang mencoba membuat sebuah tutorial tentang subnetting yang kemudian dipost di salah satu forum yang membahas dunia hacking, namun sayangnya sang teman tersebut dalam penulisan tread starternya belum sepenuhnya dapat mengambil hati para pembacanya, sehingga feedback yang dihasilkan dari hasil karyanya belom bisa dinikmati oleh khalayak banyak.

Karena keluhan tersebut saya berinisiatif memperluas tulisan teman tersebut (atas izin beliau tentunya) dengan mencoba share kembali apa yang ditulis teman tersebut melalui blog ini, jujur saja saya sendiri belum tau betul apa itu subnetting dan setelah searching google mendapat sedikit pengetahuan tentang subnetting dari situs milik Romi Satrio Wahono yang diilustrasikan sebagai berikut:
Sebenarnya subnetting itu apa dan kenapa harus dilakukan? Pertanyaan ini bisa dijawab dengan analogi sebuah jalan. Jalan bernama Gatot Subroto terdiri dari beberapa rumah bernomor 01-08, dengan rumah nomor 08 adalah rumah Ketua RT yang memiliki tugas mengumumkan informasi apapun kepada seluruh rumah di wilayah Jl. Gatot Subroto.

Ketika rumah di wilayah itu makin banyak, tentu kemungkinan menimbulkan keruwetan dan kemacetan. Karena itulah kemudian diadakan pengaturan lagi, dibuat gang-gang, rumah yang masuk ke gang diberi nomor rumah baru, masing-masing gang ada Ketua RTnya sendiri-sendiri. Sehingga ini akan memecahkan kemacetan, efiesiensi dan optimalisasi transportasi, serta setiap gang memiliki previledge sendiri-sendiri dalam mengelola wilayahnya. Jadilah gambar wilayah baru seperti di bawah:

Konsep seperti inilah sebenarnya konsep subnetting itu.

Untuk lebih jelasnya pembaca sekalian dapat langsung menuju ke situs milik Romi satrio wahono. Sedangkan untuk tulisan tutorial subnetting sendiri pembaca dapat langsung mengunduh tutorial tersebut melalui Link dibawah.

sebagai informasi tambahan : Penulis adalah mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia angkatan 2005, semoga Tutorial Subnetting ini berguna terutama buat yang baru mempelajari tentang CISCO

Tutorial Subnetting:
0 Comments
Tweets
Responds

Provide your comments in the form below. If there is no website or blog, you can use the anonymous

Setiap komentar di blog ini akan dimoderasi oleh pengelola situs, dengan demikian tidak menutup kemungkinan pengelola situs menghapus setiap komentar yang melakukan penghinaan berlebihan, spam, referral link, hal yang berbau sara, porno, iklan (tanpa pemberitahuan sebelumnya) dan hal lainnya yang serupa. --- Baca Ketentuan

~ErcH~

Facebook

Random Post


Recent Post

Label:
Recent Posts