Facebook Marketing Global sedikit perkenalan
Setelah postingan saya mengenai facebook baik dari aspek sejarah, Promo paypal yang dilakukan di facebook, sekarang mari kita membahas Facebook dari aspek marketing Global
Sebelum lebih lanjut, kita simak dulu persembahan dari Chitika Research yang menunjukkan bahwa traffic dari Facebook menghasilkan lebih banyak user yang setia jika dibandingkan dengan situs besar lainnya seperti Digg, Yahoo, Google, Bing & Twitter, ini artinya akan banyak peluang yang dapat diambil dalam peredaran user facebook di dunia sebagai calon prospek yang menguntungkan.

Paparan diatas menunjukkan eksistensi kesetiaan pelanggan facebook yang melebihi dari situs-situs besar lainnya didunia. Lantas bagaimana kondisi di facebook di Indonesia?

Tercatat di Alexa.com, facebook menjadi situs yang paling banyak dikunjungi dinegara ini dan mengalahkan google.co.id sebagai situs pencari yang sudah sebegitu fenomenalnya, memang diakui keberadaan facebook sudah menjadi bagian dari keseharian hidup masyarakat internet di indonesia, dan dengan traffic yang begitu tinggi, facebook menjadi salah satu alternatif dalam memasarkan produk secara online
Pemasaran dalam dunia internet tidak hanya berputar dalam persoalan memasang iklan. Banyak metode pemasaran juga diterapkan dalam hal ini mulai dari mencari pelanggan, menjalin hubungan baik dengan mereka, hingga meningkatkan wallet share dari pelanggan setia tersebut. Banyak yang berhasil tapi lebih banyak lagi yang gagal. Seorang Internet Marketer Indonesia ternama mengklaim berhasil mendatangkan 800 penjualan senilai lebih dari Rp 16.000.000,- dalam jangka waktu 1 bulan melalui faceBook.
Facebook memiliki beberapa marketing tools yang sebagian besar dapat diperoleh secara gratis tanpa membayar. Tinggal kita menyesuaikan saja tools manakah yang cocok untuk tujuan marketing tersebut?
Yang baru pada pembentukan community building adalah adanya komunikasi horizontal dua arah antara vendor dengan komunitas atau pelanggan dan antara seorang anggota komunitas atau pelanggan ke anggota komunitas atau pelanggan lainnya (gethuk tular). Yang tentunya hal ini tidak mungkin bisa dilakukan jika kita melakukan list building dengan memanfaatkan autoresponder.
Sementara itu dulu, Sedangkan untuk bahan pembelajaran Facebook Marketing yang lain, saya rekomendasikan situs-situs di bawah ini sebagai referensi :
Sebelum lebih lanjut, kita simak dulu persembahan dari Chitika Research yang menunjukkan bahwa traffic dari Facebook menghasilkan lebih banyak user yang setia jika dibandingkan dengan situs besar lainnya seperti Digg, Yahoo, Google, Bing & Twitter, ini artinya akan banyak peluang yang dapat diambil dalam peredaran user facebook di dunia sebagai calon prospek yang menguntungkan.

Paparan diatas menunjukkan eksistensi kesetiaan pelanggan facebook yang melebihi dari situs-situs besar lainnya didunia. Lantas bagaimana kondisi di facebook di Indonesia?

Tercatat di Alexa.com, facebook menjadi situs yang paling banyak dikunjungi dinegara ini dan mengalahkan google.co.id sebagai situs pencari yang sudah sebegitu fenomenalnya, memang diakui keberadaan facebook sudah menjadi bagian dari keseharian hidup masyarakat internet di indonesia, dan dengan traffic yang begitu tinggi, facebook menjadi salah satu alternatif dalam memasarkan produk secara online
Pemasaran dalam dunia internet tidak hanya berputar dalam persoalan memasang iklan. Banyak metode pemasaran juga diterapkan dalam hal ini mulai dari mencari pelanggan, menjalin hubungan baik dengan mereka, hingga meningkatkan wallet share dari pelanggan setia tersebut. Banyak yang berhasil tapi lebih banyak lagi yang gagal. Seorang Internet Marketer Indonesia ternama mengklaim berhasil mendatangkan 800 penjualan senilai lebih dari Rp 16.000.000,- dalam jangka waktu 1 bulan melalui faceBook.
Facebook memiliki beberapa marketing tools yang sebagian besar dapat diperoleh secara gratis tanpa membayar. Tinggal kita menyesuaikan saja tools manakah yang cocok untuk tujuan marketing tersebut?
- Personal Account : Untuk memarketingkan diri anda sendiri.
- Groups : Untuk memarketingkan komunitas / organisasi non-profit.
- Fan Page : Untuk memarketingkan bisnis berorientasi profit.
- Events : Untuk memarketingkan acara baik profit maupun non-profit.
- Facebook Applications : Penempatan aplikasi ini tidak berbayar jika anda menguasai pembuatannya, namun akan berbeda jika tidak bisa menguasainya dan tentunya untuk bisa tetap menggunakannya mungkin harus merogoh kocek cukup dalam untuk biaya pembuatannya. Tools ini cocok bagi perusahaan besar guna memarketingkan produk mereka yang mengandalkan user-experience dalam strategi pemasarannya.
Yang baru pada pembentukan community building adalah adanya komunikasi horizontal dua arah antara vendor dengan komunitas atau pelanggan dan antara seorang anggota komunitas atau pelanggan ke anggota komunitas atau pelanggan lainnya (gethuk tular). Yang tentunya hal ini tidak mungkin bisa dilakukan jika kita melakukan list building dengan memanfaatkan autoresponder.
Sementara itu dulu, Sedangkan untuk bahan pembelajaran Facebook Marketing yang lain, saya rekomendasikan situs-situs di bawah ini sebagai referensi :
- Facebook Marketing Pages - Page ini dijalankan oleh karyawan facebook dan telah memiliki anggota lebih dari 167ribu fans, Situs ini bertujuan untuk membantu marketer untuk sharing dan berbagi dengan pengguna guna membuat kemajuan di Facebook.
- Social Marketing Journal - Blog yang mendiskusikan keseluruhan aspek dari Social Media Optimization, Social Media Marketing, Social Networking dan Manajemen Reputasi baik bagi pembaca baru yang belum berpengalaman dan user lama atau yang sudah berpengalaman.
- Mashable - The Social Media Guide - Salah satu Blog terbesar dunia saat ini yang berfokus pada Web 2.0 dan berita Social Media. Lebih dari 12.5 juta pageviews setiap bulannya. dan Blog ini masuk 25 blog top dunia versi Time.com.