Melihat Gerhana Matahari by BlogERCH

Share

Melihat Gerhana Matahari

Blogerch Mania, Tahukah kamu kalau tanggal 9 Maret 2016 nanti gerhana matahari total akan melintas di Indonesia. Peristiwa langka yang hanya terjadi setiap 33 tahun sekali ini pastinya akan rugi kalo kamu lewatkan. Bayangkan saja, langit di pagi hari tiba-tiba berubah menjadi gelap akan menjadi pemandangan yang menarik dan indah untuk diamati.

Gerhana matahari total

Gerhana matahari total dan sebagian akan melintasi wilayah Indonesia dari pantai barat Sumatera hingga ke timur Samudera Pasifik. Peristiwa langka ini tentu tak boleh kamu lewatkan, tetapi untuk melihat gerhana matahari dengan aman ada beberapa hal yg perlu kamu perhatikan.

Baca Referensi Terpercaya Mengenai Panduan Melihat Gerhana Matahari

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa jika melihat gerhana matahari bisa buta, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Kita tetap bisa melihat gerhana matahari secara langsung, asal kita mengikuti cara yang aman.

Kamu bisa membaca dan mencari referensi tentang panduan dan cara melihat gerhana matahari yang aman. Kamu bisa mencarinya di situs-situs resmi tentang astronomi, atau kamu bisa menanyakan langsung kepada ahlinya.

Cari Tempat yang Tepat
Gerhana Matahari total sebagian

Para ahli mengatakan tempat yang paling bagus untuk melihat gerhana matahari adalah tanah yang lapang dan tidak terhalang pohon atau benda lainnya serta memiliki jangkauan dan pandangan yang luas. Misalkan lapangan, pantai atau tempat yang tinggi.

Jangan sampai kejadian pada tahun 1983 lalu terulang kembali. Saat itu warga Indonesia begitu ketakutan melihat gerhana matahari total secara langsung, karena dianggap bisa menyebabkan kebutaan. Warga pun hanya berdiam diri di rumah, pintu dan jendela tertutup rapat.

Gunakan Filter Matahari dan Alat Khusus yang sesuai
Filter Gerhana Matahari Total
Melihat gerhana matahari dengan kontak mata langsung akan sangat berbahaya dan ini yang ditakutkan masyarakat Indonesia pada tahun 1983 perihal kebutaan karena melihat gerhana matahari total. Setidaknya kamu butuh kacamata khusus berfilter matahari untuk melindungi mata. Kacamata dengan filter matahari mampu meredam hingga 100.000 kali silau matahari, aman dan sangat nyaman. Jadi, jangan gunakan kacamata hitam, film yang diekspos, CD, atau filter lainnya, karena ini semua juga dapat membahayakan mata kamu.

Begitu juga dengan teleskop, kamu harus melengkapinya dengan filter matahari. Ingat, filter matahari harus dipasangkan pada lensa obyektifnya (bukan pada eyepiece-nya!). .

Gunakan Waktu yang Pas
Kapan Gerhana Matahari
Selain menggunakan alat yang tepat cara untuk melihat gerhana matahari yang aman adalah waktu yang tepat untu melihatnya yaitu pada saat matahari perlahan tertutup bulan dan kondisi langit berangsur gelap (gerhana matahari sebagian). Jangan terlalu fokus karena pada saat itu matahari belum semuanya tertutup dan ada sebagian sinar matahari yang masih memancar dengan kuat hingga bisa masuk ke retina mata. Jangan terlalu fokus di sini berarti kamu juga sangat disarankan untuk melihat ke tempat-tempat lain di sekitar kita dan jangan berharap pula ada tetangga mandi kamu intip yah.

Saat matahari sudah tertutup total dan langit menjadi gelap, kamu bisa melepas filter yang melindungi mata. Saat inilah kamu bisa menyaksikan dengan jelas keindahan gerhana matahari. Tetap harus kamu ingat, jangan terlalu terlena melihatnya, karena durasi gerhana matahari ini hanya dalam hitungan menit saja. Saat matahari mulai terlihat, kamu harus memasang filter kembali agar sinar matahari tidak merusak retina.



Jika kamu tidak punya kacamata matahari atau teleskop filter Matahari, sebaiknya jangan menggunakan baskom berisi air, klise film atau kacamata hitam biasa. Karena benda-benda tersebut tidak bisa meredam silau matahari dengan sempurna. Matahari akan tetap terlihat terang, tanpa teredupkan cahayanya.

Nah, itulah panduan dan cara untuk melihat gerhana matahari yang aman. Mumpung masih ada waktu nih, dari sekarang kamu bisa mempersiapkan momen langka ini dengan membeli berbagai alat untuk melihat gerhana matahari. Selamat menyambut gerhana matahari ya!


0 Comments
Tweets
Responds

Provide your comments in the form below. If there is no website or blog, you can use the anonymous

Setiap komentar di blog ini akan dimoderasi oleh pengelola situs, dengan demikian tidak menutup kemungkinan pengelola situs menghapus setiap komentar yang melakukan penghinaan berlebihan, spam, referral link, hal yang berbau sara, porno, iklan (tanpa pemberitahuan sebelumnya) dan hal lainnya yang serupa. --- Baca Ketentuan

~ErcH~

Facebook

Random Post


Recent Post

Label:
Recent Posts